4 Tips Mengendalikan Rasa Marahmu

TellingReads.Com – 4 Tips Mengendalikan Rasa Marahmu, 4 Tips Mengendalikan Rasa Marahmu

4 Tips Mengendalikan Rasa Marahmu

4 Tips Mengendalikan Rasa Marahmu dengan Cara yang Tepat

Rasa marah bisa muncul pada setiap orang. Tidak ada orang yang tidak pernah marah. Ketika rasa marah muncul, tidak banyak orang yang bisa mengendalikannya. Pengendalian memang sangat dibutuhkan agar setiap orang tidak melampiaskan rasa marah sejadi-jadinya. Jika dapat dikendalikan, maka pikiran akan menjadi lebih tenang.

Masalah yang menumpuk, pekerjaan yang belum selesai dan biaya hidup yang semakin tinggi, membuat banyak orang sulit mengendalikan emosinnya. Tak jarang emosi yang keluar melampaui batas sehingga membahayakan orang sekitarnya. Tak pandang bulu, mau barang hidup atau barang mati bisa jadi sasaran orang yang sedang marah. Jika kita mau belajar untuk memahami, sebenarnya rasa marah bisa kita kendalikan. Banyak manfaat bila kita dapat mengendalikan rasa marah.

Marah memang wajar, tapi jika marah tidak pada situasi dan kondisi yang tepat, hanya akan membuang-buang tenaga. Apakah kamu salahsatu dari orang yang mudah marah? Tak perlu bingung, pelajari dan pahami tips berikut ini.

1. Selidiki dibalik kemarahanmu
Jika kamu berjuang mengendalikan rasa marahmu, maka kamu akan bertanya pada dirimu sendiri. Mengapa emosimu mudah meledak? Mengapa emosimu sulit untuk dikendalkan?

Marah adalah perasaan yang telah kamu pelajari sejak kecil. Walau belum bisa membaca buku, belum bisa menulis dan belum bisa mengucapkan kata-kata dengan jelas. Pada waktu masih kecil, kamu telah belajar secara ototidak bagaimana mengeluarkan emosi atau rasa marah. Mungkin kamu pernah melihat salahsatu dari kedua orang tuamu marah ketika kamu mengaduk-aduk semua makanan, atau bisa jadi kamu pernah melihat salahsatu dari keluargamu melempar barang-barang yang ada didekatnya ketika marah. Bahkan trauma terhadap suatu kejadian dengan tingkat emosi tinggi yang kamu miliki, maka kamu akan lebih rentan untuk marah. Dengan terbiasa melihat seperti itu, maka ketika dewasa secara otomatis kamu akan meniru tindakan keluargamu ketika marah. Dan kebiasaan itu bisa jadi penyebab caramu melampiaskan rasa marahmu.

Jika kamu merasa tidak nyaman dengan perasaan marah berlebih tersebut, maka segera perbaiki dirimu. Kepedulian terhadap kepribadianmu sangat penting agar kamu dapat memahami emosi yang muncul dalam dirimu. Tanpa mengenali kemampuan untuk mengenali diri sendiri maka akan sulit merubah kebiasaan marah.

Baca juga 9 Tips Menuntunmu Menuju Kebahagiaan

2. Peduli terhadap apa yang membuatmu marah
Mungkin kamu merasa rasa marahmu bisa meledak tak karuhan ketika tidak ada yang memperingatkanmu. Itu adalah fakta bahwa setiap orang yang marah akan melampiaskan dengan puas kemarahannya, karena tidak ada yang memperingatankan. Marah adalah perilaku yang normal. Tapi jika berlebihan tidak ada satupun pihak yag diuntungkan. Cegah orang, tempat atau situasi yang membuat keadaan menjadi semakin buruk ketika kamu mulai marah.

Jika kamu mengira perasaan stress adalah penyebab kamu bisa marah, itu tidak sepenuhnya benar. Pahami setiap kejadian yang membuatmu marah, akan membantu mengendalikan keadaanmu dan mencegah rasa jengkel yang tidak perlu. Ingat kembali rutinitasmu dan coba identifikasi mulai dari siapa saja orang yang kamu temui hari ini, apa saja aktifitasmu, tempat apa saja yang kamu datangi serta situasi apa saja yang memicu rasa marahmu. Dengan mengidentifikasi rutinitasmu, kamu bisa memilah dan memilih mana yang dapat memicu rasa marahmu. Jika sudah kamu temukan, ingat pertanda tersebut dan dalam kesempatan selanjutnya ketika tanda marah itu muncul, kamu akan dapat mengatasinya.

3. Pelajari bagaimana menurunkan rasa marah
Kamu sekarang telah mengetahui apa yang membuatmu marah. Maka ketika tanda-tanda kemarahan akan muncul, kamu telah dapat mengatasinya. Apabila dengan menangani pemicu rasa marah masih kurang, dan emosimu masih saja besar, maka tips berikut ini tepat bagimu.

Ada banyak cara untuk menurunkan rasa marah. Jika kamu marah dalam keadaan berdiri, maka duduklah. Jika kamu marah dalam keadaan duduk, maka tidurlah. Jika kamu marah dalam keadaan tidur, maka jalan-jalanlah keluar rumah.

Nah untuk cara menurunkan rasa marah, lebih jelasnya silahkan baca artikel sebelumnya tentang 5 Tips Menurunkan Rasa Marah dengan Cepat

4. Temukan cara sehat untuk mengekspresikan kemarahanmu
Banyak cara mengekspresikan rasa marah. Salahsatunya adalah dengan menyalurkannya ke hal yang positif. Segala sesuatu yang berhubungan dengan motivasi, bisa kamu jadikan landasan untuk pelampiasan kemarahan yang lebih baik.

Jika marah kamu hanya bisa memukul tembok, maka mulai hari ini hentikan itu dan lakukan suatu hal yang lebih bermanfaat. Jangan sakiti diri dan mentalmu dengan hal-hal yang negatif. Cobalah keluar rumah untuk pergi ke tempat olahraga atau gym. Lampiaskan kemarahanmu dengan menggunakan peralatan yang tidak biasa kamu gunakan saat dalam kondisi biasa. Menyalurkan kemarahanmu dengan berolahraga akan lebih memberikan manfaat pada badan dan pikiranmu.

Atau jika kamu memiliki hobi tertentu, ketika marah lampiaskan kemarahanmu dengan menjalankan hobimu. Hal itu terbukti dapat meningkatkan motivasi untuk melakukan apa yang kamu sukai dengan lebih baik.

Itulah tips mengendalikan rasa marahmu. Kenali mengapa rasa marahmu sampai meledak-ledak dan cari tahu apa yang menyebabkan munculnya rasa marah kemudian turunkan kemarahanmu dengan cara yang tepat.

source by helpguide
image by anxiety-helper

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  4 Tips Mengendalikan Rasa Marahmu, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  4 Tips Mengendalikan Rasa Marahmu berguna untuk anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *