Inilah Tips Lengkap Merawat Sepeda Gunung Terbaik Agar Bisa Tahan Lama

Untuk Anda para pecinta olahraga bersepeda atau bikers yang sudah berpengalaman pastinya memahami seluk beluk sepeda yang Anda miliki. Ada banyak sekali jenis sepeda yang biasa digunakan oleh para bikers, salah satunya adalah sepeda gunung. Sepeda jenis ini merupakan jenis sepeda yang paling banyak di cari oleh banyak orang. Beruntung bagi Anda yang sudah memilikinya, karena harga sepeda ini terus mengalami kenaikan. Namun memiliki sepeda gunung terbaik tidak hanya sebatas memakai atau menggunakannya saja. Anda juga harus merawat secara rutin sepeda tersebut supaya bisa awet dan dapat dipakai dalam waktu yang lama.

Salah satu perawatan sepeda gunung adalah dengan membersihkannya, Anda juga sekaligus dapat melakukan pengecekan kelayakan sepeda yang Anda miliki, seperti mengecek bagian sekrupnya, mata rantai dan mata girnya supaya sepeda Anda tetap dapat digunakan secara maksimal. Berikut beberapa cara atau tips merawat sepeda gunung, yaitu:

1. Perawatan yang pertama adalah mencuci sepeda.

Anda harus mencuci sepeda secara rutin karena setelah dipakai semua kotoran yang menempel pada rantai tau gir dapat mempengaruhi kinerja sepeda. Proses mencuci ini biasanya hanya memakan waktu selama beberapa menit saja, caranya:

  • Lepaskan semua aksesoris yang berada di bagian handle bar atau stang seperti lampu, bel, dan speedometer.
  • Untuk menghindari lecet atau goresan pada grips atau sadel Anda dapat menggunakan alas matras dengan ketebalan 5 mm, dan kemudian baliklah sepeda Anda dengan posisi kedua roda berada di atas.
  • Lepaskan bagian roda depan dan belakang, kemudian mulai proses pencucian. Anda dapat menggunakan sikat dan air sabun untuk mulai membersihkan sepeda.
  • Gunakan kain lap yang lembut untuk membersihkan bagian rantai sepeda gunung terbaik Anda, dengan cara memutar pedal kedepan.
  • Setelah semua proses pencucian selesai Anda dapat memasang kembali roda dan aksesoris sepeda Anda lalu mulai perawatan lainnya.

2. Mengecek sistem roda dan sistem pelumas.

Anda harus mengecek kondisi roda sepeda Anda, apakah goyang atau tidak dan pastikan Anda selalu mengunci jari-jari roda Anda dengan benar. Selain itu mengecek sistem pengereman juga merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh Anda lewatkan, karena menyangkut keselamatan Anda saat bersepeda nantinya. Anda harus rutin mengecek keadaan rem depan maupun rem belakang untuk memastikan semuanya dapat berfungsi dengan baik.

3. Mengganti pelumas.

Bagian-bagian penting pada sepeda gunung yang harus rutin diberi dan diganti pelumas adalah bagian shifter, rantai, pedal dan lengan pedal juga penggerak roda depan dan belakang. Gunakan pelumas yang bagus atau sesuai standar sepeda yang bisa Anda beli di toko perlengkapan sepeda maupun toko online khusus sparepart sepeda. Pelumas tersebut harus dalam kondisi baru, artinya Anda tidak boleh menggunakan pelumas bekas untuk memberi maupun mengganti pelumas pada bagian-bagian yang ada pada sepeda gunung Anda.

4. Menyervis secara rutin.

Selain perawatan yang dapat Anda lakukan sendiri, Anda juga harus menyervis sepeda gunung milik Anda secara rutin untuk mengetahui kerusakan sedini mungkin, dan mengetahui bagian-bagian apa saja yang sudah harus diganti. Anda tidak boleh menunda jika memang ada komponen sepeda yang perlu diganti, hal ini selain sebagai cara perawatan juga supaya sepeda Anda tetap aman digunakan dan dapat dipakai secara maksimal.

Dengan mengikuti tips lengkap merawat sepeda gunung terbaik di atas, sudah pasti sepeda Anda akan awet dan dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama dengan kinerja yang maksimal.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *